Aspek Pemasaran Dalam Berwirausaha
Mau usaha bingung karna kebanyakan ide?
Atau bingung harus bagaimana mulainya?
Dibawah ini kita akan membahas tentang aspek pemasaran dalam berwirausaha :)
Atau bingung harus bagaimana mulainya?
Dibawah ini kita akan membahas tentang aspek pemasaran dalam berwirausaha :)
Berwirausaha adalah suatu kegiatan usaha yang melibatkan kemampuan untuk melihat kesempatan-kesempatan usaha yang kemudian mengorganisir, mengatur, mengambil resiko, dan mengembangkan usaha yang diciptakan tersebut guna meraih keuntungan.
Berwirausaha merupakan suatu hal yang tidak mudah untuk kita tekuni tapi dengan adanya aspek dalam berwirausaha membantu menjalankan usaha yang mau atau yang sedang kita tekuni ini.
Sebelum memulai usaha kita harus mengenali 4 aspek terlebih dahulu seperti yang di bawah ini:
1. Segmentasi pasar
Segmentasi pasar adalah pembagian segmen suatu pasar berdasarkan pembeli. Pada umumnya, demografi, tingkat penghasilan, psikografis, dan kelas sosial menjadi dasar dalam melakukan segmentasi. Dengan melakukan segmentasi pasar, seseorang dapatmeraih laba maksimum dan strategi pemasaran akan berjalan dengan lancar.
Kriteria dan faktor penyusun segmentasi pasar. Pada aspek pemasaran ini, sebuah perusahaan harus memiliki dan mempelajari kriterian tertentu agar perusahaan tersebut mendapat posisi lebih unggul dibandingkan perusahaan pesaing. Nantinya setiap kriteria yang digunakan perusahaan ini harus dibuat ukuran-ukuran yang sesuai. Misalnya saja rata-rata permintaan pasar atas merek tertentu harus berbeda antara segmen yang satu dengan segmen yang lainnya. Begitu juga dengan sensivitas pembeli terhadap promosi-promosi yang telah dilakukan oleh perusahaan. Selain itu media yang anda gunakan untuk melakukan promosi harus sesuai dengan segmen pasar agar hasilnya lebih tepat sasaran.
Faktor pendukung segmentasi pasar agar lebih efektif. Sebuah segmen pasar yang memiliki ciri khusus adalah segmen pasar yang belum terlayani atau sudah dilayani namun belum pada tingkat yang maksimal. setidaknya ada 3 hal yang bisa mendukung segmentasi pasar agar lebih efektif. Faktor pendukung tersebut adalah measurability, accessibility, dan substantiality.
Measurability adalah informasi mengenai sifat-sifat pembeli tentang sejauh mana sifat mereka tersebut dapat diukur. Misalnya saja jika anda ingin mengukur jumlah pembeli mobil maka anda bisa tahu faktor apa yang mendorong mereka membeli sebuah mobil. Apa darisegi kualitas,status, atau ekonomi.
kemudia ada accessibility yaitu dimana sebuah perusahaan dapat mampu secara maksimal memusatkan usaha memasarkan suatu produk pada segmen pasar tertentu. kemudian terakhir ada substantiality yang mana merupakan tingkat dimana sebuah segmen cukup luas dan besar untuk melakukan kegiatan pemasaran sendiri.
2. Analisa pasar dan peramalan permintaan
Analisa pasar merupakan hal yang cukup penting. Analisa ini akan membuat aktivitas pemasaran semakin teapat sasaran. Selain itu, anda juga dapat lebih memahami seperti apa situasi, jenis produk, keadaan, dan bentuk promosi yang akan anda berikan kepada konsumen.
3. Analisa pesaing
Analisa pesaing adalah salah satu hal yang cukup signifikan. Analisa ini menjadi penentu posisi produk kita dalam suatu pasar. Pesaing adalah perusaan yang memproduksi atau memasarkan barang yang seberupa atau tak jauh berbeda dengan produk kita. Kenalin pesaing potensial dan pesaing umum anda. Buatlah strategi pemasaran berdasarkan kekuatan serta kelemahan mereka. Dengan melakukan hal ini, anda juga bisa melakukan identifikasi terhadap peluang, dan ancaman terhadap bisnis anda.
4. Promosi
Promosi juga merupakan aspek penting. Promosi adalah upaya dari penjual untuk menawarkan suatu produk kepada pembeli agar melakukan pembelian. Dalam melakukan promosi, anda dapat memberikan informasi secara lengkap mengenai produk serta menggunakan kata-kata dan aksi persuasif. Anda dapat melakukan iklan, personal selling, ataupun cara-cara promosi lain.
Tujuan Promosi. Seorang penjual harus mengetahui tujuan mengapa dia harus melakukan promosi. Dengan tujuan yang jelas maka dia bisa melakukan promosi dengan efektif dan tepat sasaran. Adapun tujuan utama dari promosi adalah memberitahukan konsumen tentang penawaran produk, manfaat dari produk yang ditawarkan, membujuk mereka untuk melakukan pembelian dan mepertahankan merek produk dimata konsumen.
Bauran promosi/promotional mix. Hal berikutnya yang harus diperhatikan dalam promosi adalah bauran promosi. Bauran promosi adalah kumpulan dari beberapa strategi promosi yang akan membuat promosi lebih tepat sasaran dan menghasilan. Adapun bauran promosi ada 4 yaitu periklanan, personal selling (interakasi langsung penjual dan pembeli), publisitas, dan promosi penjualan.
Dalam setiap usaha promosi sebuah perusahaan bisa menggunakan salah satu dari variabel di atas atau mengkombinasikannya. Dengan kombinasi yang tepat variabel-variabel di atas akan mampu mebentuk marketing mix yang akan sampai ke target pasar.
Itulah aspek-aspek penting yang harus kita ketahui sebelum memulai bisnis atau usaha.
Semoga membantu....^^
Komentar
Posting Komentar