MY BUSINESS


How to Start Accounting for Small Business | Blog - Printful

Kali ini saya akan sharing kepada my lovely visitor tentang bisnis yang telah saya jalani beserta BMCnya dan semoga saja ini dapat dijadikan refensi bagi kalian yang segara ingin memiliki atau memulai suatu bisnis :)

Let's we start...


Ringkasan Eksekutif (Executive Summary)
Sumber Ide :
Sumber usaha yang telah saya tekuni dan pastinya selalu ingin saya kembangkan ini berasal dari Hobby saya yang senang menggunakan softlens atau contact lens, dengan ide bisnis ini tentu saja merupakan suatu ide yang bersumber dari Hobby saya sendiri yang merupakan slah satu sumber ide bisnis yang sangat menarik untuk kita terutama yang bagi kaum wanita sebagai peluang usaha, karena sumber bisnis ini berdasarkan hobby membuat kita yang menjalankannya telah mahir dalam bidang ini karena hal ini merupakan hal yang selalu kita lakukan dengan perasaan senang sehingga membuat bisnis yang kita jalani  terasa lebih mudah menjalankannya.

Deskripsi Produk :
Produk yang saya ingin kembangkan tentunya softlens atau contact lens yang tersedia di online shop saya di instagram dengan nama "WCLens", tersedia dengan berbagai macam pilihan model dan harga sehingga para pembeli dapat mempunyai options yang sesuai dengan selera dan budget masing-masing. Saat ini penampilan sangat diperhatikan sekali terutama pada kaum wanita yang membuat para wanita atau pria pun juga mencari softlens untuk mengoptimalkan penampilannya. Dengan adanya trend seperti ini membuat softlens memiliki nilai jual yang tinggi atau menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit  bagi para pemilik ataupun penjalan bisnis yang sering kita sebut dengan reseller. Saya menjual softlens dengan kisaran harga 85 ribu rupiah - 100ribu rupiah, agar produk ini dapat dibeli dan digunakan oleh semua kalangan remaja dan dewasa.

Visi : tujuan utama
Menjadi bisnis yang dapat membantu setiap orang yang ingin merubah penampilannya untuk lebih percaya diri tetapi tetap nyaman pada saat menggunakannya.

Misi : tujuan untuk mencapai visi kita
Menyediakan berbagai mcam pilihan model yang stylish dan modern dengan harga yang low budget tetapi tetap mendapatkan pelayanan yang ramah.

Struktur organisasi :
Usaha ini akan dijalankan team managemen WSLens, sebagai berikut:
1. Ketua (+manager keuangan) : saya sendiri (Widya Stefani)
2. Manager distributor : papa saya (Pak Hans)
3. Manager pemasaran (+manager operasional) : kaka saya ( Dhea Wulan)

Job Description :
Ketua
  • Penanggung jawab umum perusahaan
  • Membuat keputusan
  • Memelihara kelancaran & kualitas managemen organisasi
Manager keuangan
  • Mencatat transaksi keuangan
  • Memproses data transaksi keuangan menjadi sebuah informasi (laopran keuangan)
  • Mengomunikaiskan laporan keuangan kepada pihak terkait
Manager distibutor
  • Mencari produk
  • Mengecek ketersediaan stock
  • Menjaga kualitas produk
Manager pemasaran
  • Mengimplementasikan strategi pemasaran
  • Mengatur kegiatan sales
  • Melakukan promosi secara berkala
  • Menjaga hubungan baik dengan konsumen
Manager Operasional
  • Mengatur perlengkapan dan jalannya usaha
Dalam langkah awal memulai bisnis saya melibatkan keluarga saya karana menurut saya  dalam memanage usaha yang masih sangat baru membutuhkan orang terdekat untuk dapat di percaya.

Segmentasi dan Target Pasar
Setiap anggota WSLens snagat mengusahakan untuk mencapai segmentasi yang luas dan lebih luas lagi. Karena softlens merupakan barang yang dipakai sementara dan trend yang ada membuat ornag-orang membeli lebih dari satu atau sebagai koleksi. Hampir semua wanita pada saat ini menggunakan softlens. Saya memperkirakan pembeli potensial terbanyak adalah golongan usia remaja. Secara garis besar saya menjual suatu produk yang bersifat dapat di beli oleh semua kalangan karean harganya yang cukup terjangkau. Tetapi ada softlens yang saya jual dengan harga yang lebih tinggi di karenakan sedikitnya produksi dan bahan yang hanya dapat sekali pakai yaitu softlens clear atau yang bening. Tentunya tingkat kualitas pun jauh lebih tinggi dari softlens yang lain.
Singkatnnya profil pelanggan saya adalah sebagai berikut :
Umur : 16-45 tahun
Pendapatan : menengah ke atas
Lokasi Geografis : Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Strategi pemasaran :
Dalam mengusahakan agar produk dapat sampai ke tangan konsumen saya menyusun strategi pemasaran sebagai berikut :
Membuat video promosin yang trendy dna menarik tentunya
Mengiklankan di semua media sosial yang ada
Promosi pada awal pembukaan dengan memberikan free ongkir

Analisis SWOT
(Strength)
1. Persaingan yang maish sedikit dalam pasar
2. Segmentasi pasar yang luas
3. Brand yang sudah terjamin atau ternama

(Weakness)
Kekurangan pengetahuan pada masyarakat saat menggunakan

(Threat)
1. Potensi munculnya bisnis yang sama
2. Potensi berkembangnya bisnis yang sama yang sudah ada

Proyeksi Keuangan :
 Biaya operasional dan pemasaran awal (dalam rupiah)
Pembelian Softlens dari produsen :  3.000.000
Tempat softlens : 1.500.000
Air Softlens : 1.025.000
Plastik : 300.000
Bubble Wrap : 50.000
Pulsa Internet : 500.000

Total : 6.375.000

Rencana Pengembangan
Tidak hanya online kedepannya saya akan berencana membuka stan/both di dalam mall, tempat jualan sendiri seperti ruko hingga brand ternama. Saya akan membagi pengembangan bisnis saya ke beberapa level yang dapat dicapai ketika memenuhi beberapa kriteria tertentu.
Level 1 : membuka sebuah stand/both di dalam mall
Level 2 : memberikan layanan reseller
Level 3 : membuka tempat sendiri seperti ruko
Level 4 : membuka banyak cabang di mall
Level 5 : menjadi bisnis softlens yang memiliki brand

Business Model Canvas :
1. Customer segments
Bagian ini menjelaskan siapa potensial dari produk anda.
Dalam bisnis syaa maka customer segments adalah
  • Remaja
  • Dewasa
2. Value Propositions
Berisi tentang tentang nilai tambah yang akan membuat bisnis terlihat menarik dan berbeda dengan bisnis lainnya. Biasanya berupa solusi atau inovasi yang ditawarkan dan menjadi keunggulan utama perusahaan.
Dalam bisnis saya value propotions :
-Konsep akun atau promosi yang menarik perhatian customer
-Pilihan warna dan tipe yang banyak
-Pelayanan yang baik,sopan, dan juga ramah
-Tester customer atas produk yang telah dibeli
-Harga yang sesuai di kantong

3. Chanel
Chanel adalah media yang bisnis kita gunakan untuk mendeliver solusi yang ditawarkan untuk sampai ke konsumen
Dalam bisnis saya :
Direct marketing
Social media marketing
Pemesanan online melalui website dan media sosial whatsapp instagram line dan sebagainya.

4.Customer Relationship
Ke chanel lebih banyak menjangkau orang yang belum tahu produk kita, maka customer relationship adalah kebalikannya, kamu harus tahu bagaimana cara bisnis anda bisa keep in touch dengan para pelanggan.
Dalam bisnis saya :
Sosial Media
Seperti Instagram, Facebook, Twitter, Website resmi produk, whatsapp
event member

5.Revenue streams
Disini kamu perlu menjabarkan struktur finansial dari perusahaan. Di bagian revenue, tentu yang perlu kamu tuliskan adalah produk/jasa apa sja yang dapat memberikan pemasukan.
Dalam bisnis saya :
-Keuntungan dari penjualan berbagai macam softlens
-Keunrungan dari pengadaan event

6. Key activities
Bagian yang menjelaskan bagaimana kamu bisa menciptakan value preposition perusahaan. Jika bisnis kamu adalah product-based, maka inovasi tekhnologi dalam proses pembuatan produk bisa menjadi key activities.
Dalam bisnis saya :
-Menjual softlens dalam layanan terbaik.
-Mengadakan event untuk promosi
-pencatat penjualan

7. Key resources
Key resources merupakan aset strategis perusahaan. Aset ini bisa berupa bahan baku produk, infrastruktur yang dibutuhkan dan semacamnya.
Dalam bisnis saya :
- Dengan bahan pilihan with uv protection yang tidak membuat mata cepat kering
-Web yang berisikan promosi-promosi dan model-model yang dapat dilihat oleh banyak orang
-Pegawai yang telah terlatih untuk dapat bekerja secara profesional
-konsep yang menarik
-sistem pembayaran yang memudahkan transaksi seperti menggunakan gopay,ovo yang semua orang pakai saat ini untuk pembayaran non tunai.

8. Key Partnership
Tidak ada bisnis yang berjalan sendiri, dalam menjalankan sebuah aktivitas bisnis, tentu kita membutuhkan mitra. Disinilah tempat kita memasukkan mitra strategis yang kita miliki.
Dalam bisnis saya :
Dalam tahap awal maka saya bekerja sama dengan para distributor dalam pemasokan softlens, bekerja sana dengan aplikasi-aplikasi pengiriman online dan aplikasi untuk melakukan promosi dalam iklan aplikais untuk dapat memperkenalkan produk ini.

9. Cost Structure
Pada bagian terakhir ini, kita harus menentukan biaya apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan keseluruhan aktivitas bisnis. Untuk mempermudah, struktur biaya dapat diisi berdasarkan isian pada kolom key activiies, key resources, dn channel.
Dalam bisnis saya :
-Biaya pembelian stock softlens
-Biaya kuota internet
-Biaya promosi
-Biaya pegawai dan pengadaan event


Follow insagram:
@widya.collectionlens

video dapat di click di link berikut :
https://yputu.be/rNMa03Qoha0/

Link Pdf
https://drive.google.com/file/d/1IziPLKMUAvd91THlj4F6RHNl_Q1d8RAK/view?usp=sharing



Komentar